Seharian di kawasan Kota Tua: destinasi dan rincian biayanya

Seharian di kawasan Kota Tua: destinasi dan rincian biayanya

Kota Tua Jakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di ibu kota Indonesia. Kawasan ini memiliki sejarah yang kaya, dengan bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang masih terawat dengan baik. Jika Anda ingin menghabiskan seharian di kawasan Kota Tua, berikut adalah destinasi dan rincian biayanya yang bisa menjadi panduan Anda.

Pertama-tama, Anda bisa mengunjungi Museum Fatahillah yang terletak di tengah kawasan Kota Tua. Museum ini dulunya merupakan balai kota Belanda dan kini menjadi tempat untuk menyimpan berbagai koleksi sejarah Jakarta. Biaya masuk ke Museum Fatahillah adalah sebesar Rp 5.000 untuk warga negara Indonesia dan Rp 10.000 untuk wisatawan mancanegara.

Setelah itu, Anda bisa mengunjungi Museum Bank Indonesia yang berada di seberang Museum Fatahillah. Museum ini menampilkan sejarah perbankan di Indonesia dan koleksi uang kuno yang menarik. Biaya masuk ke Museum Bank Indonesia adalah sebesar Rp 5.000 untuk warga negara Indonesia dan Rp 10.000 untuk wisatawan mancanegara.

Selanjutnya, Anda bisa menikmati suasana kawasan Kota Tua dengan berjalan-jalan di sekitar Lapangan Fatahillah yang dikelilingi oleh bangunan-bangunan bersejarah. Anda juga bisa menyewa sepeda ontel atau becak untuk berkeliling kawasan ini dengan biaya sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000 per jam.

Jika Anda haus atau lapar, Anda bisa mencoba kuliner khas Kota Tua seperti kerak telor, ketoprak, atau es campur yang bisa Anda temukan di sepanjang jalan. Harga makanan dan minuman di kawasan Kota Tua biasanya berkisar antara Rp 10.000 – Rp 50.000 tergantung dari jenis dan tempatnya.

Sebelum pulang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jakarta di sekitar kawasan Kota Tua seperti kerajinan tangan atau makanan khas seperti keripik tempe atau keripik pisang. Harga oleh-oleh di kawasan Kota Tua bervariasi tergantung dari jenis dan kualitasnya.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda bisa menikmati seharian di kawasan Kota Tua Jakarta tanpa perlu khawatir tentang biaya. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen berharga selama berada di kawasan bersejarah ini. Selamat berwisata di Kota Tua Jakarta!