Perdokhi ingatkan jamaah tetap lakukan senam haji cegah kekakuan sendi

Perdokhi ingatkan jamaah tetap lakukan senam haji cegah kekakuan sendi

Perdokhi Ingatkan Jamaah Tetap Melakukan Senam Haji Cegah Kekakuan Sendi

Perjalanan haji merupakan salah satu ibadah yang penuh dengan tantangan fisik. Jamaah haji harus mampu berjalan jauh, berdiri lama, dan melakukan berbagai aktivitas fisik lainnya dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, penting bagi jamaah haji untuk menjaga kesehatan tubuhnya agar dapat menjalani ibadah haji dengan lancar.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kesehatan sendi. Kekakuan sendi bisa menjadi masalah serius bagi jamaah haji, terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia. Untuk mencegah kekakuan sendi, Perkumpulan Dokter Haji Indonesia (Perdokhi) mengingatkan jamaah haji untuk tetap melakukan senam haji secara rutin.

Senam haji adalah rangkaian gerakan fisik yang dirancang khusus untuk menjaga kesehatan sendi dan otot selama perjalanan haji. Gerakan-gerakan senam haji dapat membantu menjaga fleksibilitas sendi, meningkatkan kekuatan otot, dan mengurangi risiko cedera selama perjalanan haji.

Perdokhi menekankan pentingnya senam haji sebagai bagian dari persiapan fisik sebelum berangkat haji. Jamaah haji disarankan untuk meluangkan waktu setiap hari untuk melakukan senam haji, baik itu sebelum berangkat haji maupun selama perjalanan haji.

Selain senam haji, Perdokhi juga menyarankan jamaah haji untuk menjaga pola makan yang sehat, cukup istirahat, dan minum air yang cukup selama perjalanan haji. Dengan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, diharapkan jamaah haji dapat menjalani ibadah haji dengan lancar dan tanpa hambatan.

Dalam menjalani ibadah haji, kesehatan fisik dan mental sangatlah penting. Oleh karena itu, mari kita jaga kesehatan tubuh kita dengan melakukan senam haji secara rutin. Dengan begitu, kita dapat menjalani ibadah haji dengan nyaman dan lancar, serta mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalani ibadah haji. Amin.