Penderita asam lambung wajib tahu makanan ini

Penderita asam lambung wajib tahu makanan ini

Asam lambung adalah kondisi yang umum terjadi di kalangan masyarakat Indonesia. Gejalanya seperti mulas, kembung, dan nyeri dada seringkali membuat penderita merasa tidak nyaman. Namun, ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita asam lambung untuk membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan.

1. Oatmeal
Oatmeal merupakan sumber serat yang baik untuk penderita asam lambung. Serat dalam oatmeal dapat membantu mengurangi iritasi pada lambung dan memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, oatmeal juga dapat membantu menyerap asam lambung berlebih yang ada di dalam perut.

2. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kubis mengandung antioksidan dan serat yang dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Sayuran hijau juga rendah kalori sehingga cocok untuk penderita asam lambung yang ingin menjaga berat badan.

3. Pisang
Pisang merupakan buah yang kaya akan kalium dan serat, sehingga sangat baik untuk penderita asam lambung. Pisang juga dapat membantu menetralkan asam lambung berlebih yang ada di dalam perut.

4. Alpukat
Alpukat mengandung lemak sehat yang dapat membantu menenangkan perut dan mengurangi iritasi pada lambung. Alpukat juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

5. Daging tanpa lemak
Penderita asam lambung sebaiknya menghindari daging berlemak karena dapat memicu produksi asam lambung berlebih. Sebaiknya pilih daging tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit atau ikan untuk mengurangi risiko terjadinya gejala asam lambung.

Selain makanan di atas, penderita asam lambung juga sebaiknya menghindari makanan pedas, berlemak, dan berminyak karena dapat memicu terjadinya gejala asam lambung. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi mengenai pola makan yang tepat untuk mengurangi gejala asam lambung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi penderita asam lambung.