IDAI rekomendasikan anak banyak konsumsi buah saat polusi udara tinggi

IDAI rekomendasikan anak banyak konsumsi buah saat polusi udara tinggi

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan agar anak-anak banyak mengonsumsi buah saat polusi udara tinggi. Hal ini dikarenakan polusi udara dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit pernapasan dan gangguan kesehatan lain pada anak-anak.

Menurut IDAI, buah-buahan mengandung antioksidan dan vitamin yang dapat membantu melindungi tubuh anak dari efek buruk polusi udara. Antioksidan dalam buah dapat membantu mengurangi kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan polusi udara, sedangkan vitamin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anak.

Selain itu, buah juga mengandung serat yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan anak. Dengan mengonsumsi buah secara rutin, anak-anak dapat memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dan lebih tahan terhadap efek negatif polusi udara.

IDAI juga menyarankan agar anak-anak mengonsumsi buah-buahan yang beragam dan segar, seperti jeruk, apel, mangga, dan pepaya. Selain itu, anak-anak juga disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung bahan kimia dan pewarna buatan, serta mengonsumsi air putih yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Dengan mengikuti anjuran IDAI untuk banyak mengonsumsi buah saat polusi udara tinggi, diharapkan anak-anak dapat tetap sehat dan kuat meskipun terpapar polusi udara. Selain itu, orangtua juga diimbau untuk menghindari aktivitas di luar ruangan saat polusi udara tinggi dan selalu memantau kondisi kesehatan anak secara rutin.