Frugal living, apa artinya? – ANTARA News

Frugal living, apa artinya? – ANTARA News

Frugal living atau hidup hemat adalah gaya hidup di mana seseorang berusaha untuk menghemat uang dan mengelola keuangan dengan bijak. Dengan hidup hemat, seseorang akan membatasi pengeluaran dan hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan.

Hidup hemat tidak berarti hidup miskin atau pelit. Namun, ini merupakan cara untuk mengelola keuangan dengan bijak dan memprioritaskan pengeluaran yang benar-benar penting. Dengan hidup hemat, seseorang dapat menghindari hutang yang berlebihan dan memiliki tabungan yang cukup untuk masa depan.

Ada beberapa cara untuk hidup hemat, di antaranya adalah dengan membatasi pengeluaran untuk barang-barang mewah, menghindari pemborosan, membandingkan harga sebelum membeli, dan memanfaatkan diskon dan promo yang tersedia. Selain itu, seseorang juga dapat memanfaatkan kupon diskon, memasak di rumah daripada makan di luar, dan menggunakan transportasi umum daripada mobil pribadi.

Hidup hemat bukanlah hal yang sulit dilakukan, asalkan seseorang memiliki kesadaran untuk mengelola keuangan dengan bijak. Dengan hidup hemat, seseorang dapat memiliki kebebasan finansial dan merasa lebih tenang dalam menghadapi masa depan. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk mempertimbangkan gaya hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari.