Apa bedanya baking soda dan baking powder? Berikut penjelasannya

Apa bedanya baking soda dan baking powder? Berikut penjelasannya

Baking soda dan baking powder adalah dua bahan yang sering digunakan dalam membuat kue dan roti. Meskipun keduanya memiliki nama yang mirip, namun keduanya memiliki perbedaan yang penting dalam penggunaannya.

Baking soda, atau yang juga dikenal sebagai soda kue, adalah senyawa kimia yang berupa bubuk putih. Baking soda memerlukan asam untuk bereaksi dan menghasilkan gas karbon dioksida yang membuat adonan kue mengembang. Oleh karena itu, baking soda biasanya digunakan dalam resep yang mengandung bahan asam seperti yogurt, lemon juice, atau cokelat.

Sementara itu, baking powder adalah campuran antara baking soda, asam, dan bahan pengisi lainnya. Baking powder sudah mengandung asam di dalamnya sehingga tidak memerlukan tambahan asam lagi untuk bereaksi. Hal ini membuat baking powder lebih praktis digunakan dalam resep kue yang tidak mengandung bahan asam.

Perbedaan lainnya adalah dalam penggunaan keduanya, baking soda biasanya digunakan dalam resep kue yang mengandung bahan asam dan memerlukan waktu pemanggangan yang singkat. Sedangkan baking powder lebih cocok digunakan dalam resep kue yang tidak mengandung bahan asam dan memerlukan waktu pemanggangan yang lebih lama.

Jadi, meskipun baking soda dan baking powder memiliki fungsi yang mirip dalam membuat adonan kue mengembang, namun keduanya memiliki perbedaan penting dalam penggunaan dan resep kue yang cocok untuk digunakan. Jadi, pastikan untuk menggunakan bahan yang sesuai dengan resep yang ingin Anda buat agar hasilnya tetap sempurna.